MOTOR
INDUKSI TIGA FASE
Motor
induksi yang umum di pakai di kenal ada dua macam berdasarkan jumlah fasenya,
yaitu motor induksi satu fase dan motor induksi tiga fase. Pada pembahasan
sebelumnya sudah di terangkan tentang motor induksi satu fase, pada prinsipnya
motor induksi tiga fase sama seperti satu fase tetapi motor induksi satu fase
hanya di tambah komponen – komponen seperti saklar otomatis dan kapasitor atau
kondensator. Dan motor induksi satu fase merupakan kombinasi motor tiga fase :
Penggunaan
motor induksi sebagai motor listrik cukup banyak di gunakan, hal ini di
sebabkan karena motor induksi mempunyai keuntungan sebagai berikut :
a.
Bentuk sederhana
b.
Konstruksinya kuat
c.
Perawatan mudah
d.
Pada waktu mesin beroprasi tidak
memerlukan tambahan peralatan khusus.
Konstruksi
motor induksi tiga fase
Semua jenis motor dan generator listrik
mempunyai rotor dan stator, dimana rotor adalah bagian yang berputar ,
sedangkan stator adalah bagian yang diam. Pada dasarnya untuk konstruksi mesin
listrik , mesin konduksilah yang memiliki konstruksi yang paling sederhana.
Prinsip
kerja motor induksi tiga fase.Adapun prinsip kerja motor induksi tiga fase ini
mengikuti langkah – langkah sebagai berikut :
1.
Apabila sumber listrik arus
bolak-balik tiga fase di hubungkan pada kumparan stator, maka akan timbul
medan putar dengan kecepatan sesuai
dengan jumlah kutubnya, pada pembahasan sebelumnya sudah terdapat persamaan
untuk mencari kecepatan
2.
Medan putar pada stator tersebut
akan memotong batang konduktor pada rotor sehingga rotor sehingga rotor akan
berputar
3.
Jarak kutup antara satu dengan
lainnya adalah 1800 , dan jarak antara fase R-S, S-T, R-T adalah 1200
:
Untuk
menentukan derajat antara alur mengikuti persamaan seperti pada motor satu
fase, untuk menentukan jarak fasze antara fase dengan persamaan :
d=
Untuk
menentukan jarak kutup satu dengan kutup lainnya mengikuti persamaan :
K
=
Bentuk-bentuk kumparan
a.
Kumparan bentuk spiral
b.
Kumparan Memusat
Gambar
bentuk spiral Gambar
Kumparan Memusat
Bentuk hubungan motor tiga
fase
Hubungan
tiga faseada dua yang sering di gunakan yaitu :
a.
Hubungan bintang
b.
Hubungan segitiga
Membalik arah putaran rotor
pada motor tiga fase
Pada motor induksi tiga fase mempunyai dua arah putaran rotor yaitu :
arah putaran dengan berlawanan arah jarum jam dan searah dengan jarum jam.
Untuk motor tiga fase putarannya dapat
dirubah dengan cara membalikkan salah satu fase.
Sebagai contoh : Bila motor tiga fase pada mulanya di pasang dengan
hubungan yang sesuai dengan fasenya (R – S –T ) maka rotor akan berputar dengan
searah jarum jam, dan bila kita menginginkan putaran nya berlawanan dengan
jarum jam maka slah satu fasenya di tukar kedudukannya. Seperti terlihat pada
gambar berikut ini :
Contoh :
Motor induksi tiga
fase mempunyai data sebagai berikut :
Merek :
umpex AB
Type :
ke 1
Volt :
380
Amp :
60
Input :
30 kw
Frekwn : 50 hz
Rpm :
1450
Kutup : 4
Bentuk gulungan
memusat
Maka dari data dapat di cari
:
1. Menentukan langkah
L =
=
= 12 langkah
2. Menentukan seri dalam kutup
B =
=
= 4 seri
3. Menentukan derajat listrik
antara alur
D
=
= 150 L
4. Menentukan jarak kutub
Y =
= 12 alur
5. Menentukan jaraj fase R-S,S-T,T-R
Jarak
antara dengan fase harus 1200 untuk motor tiga fase
120/15
= 8 alur
MESIN MOLENLISTRIK 3 FASE
( CONCRETE SPRAYING MACHINE ( Aliva
®-237 )
Diskripsi:
Aliva ®-237 adalah mesin molen listriuk yang di gunakan
untuk membantu pembuatan dinding pada suatu proyek yang di lakukan pada lapisan
beton yang rusak. Dapat juga untuk membuat lapisan beton di dalam pembuatan trowongan.
Mesin ini mempermudah penyemenan karena hanya hanya dengan menyemprot olahan
semen dan pasir yang sudah di campur rata di dalam molen listrik yang terdapat
pada mesin tersebut.
Pelaksanaan :
Dengan memanfaatkan tekanan angin
dari kompresor yang melalui mesin shotcrete dan ujung nozzle, permukaan bidang
kerja dibersihkan dari partikel lepas yang masih melekat di bidang kerja, dan
bila perlu di tambahkan air dari pompa yang berhubungan langsung dengan nozzle.
Setelah bidang kerja bersih, material di masukkan / di tuang ke dalam hopper
mesin shotcrete. Pada saat mesin shotcrete dihidupkan, rotor akan berputar
perlahan dan material di hooper akan turun dan mengisi tabung pada rotor
bergantian. Dengan tekanan angin dari kompresor, material akan mengalir ke
ujung nozzle dan percampuran material kering dengan air terjadi di nozzle di
mana saluran air dari pompa air terhubung dan pengaturan suplai airnya di atur
manual melalui gate-valve pada nozzle. Dengan demikian material yang terlontar
dari nozzle sudah lecak/basah.
Penembakan dilakukan dengan
jarak tembak antara ujung nozzle dengan bidang kerja ± 1 m dan posisi tegak lurus/900 , dan di putar
perlahan melingkar ± Ø30 cm,
untuk penembakan horisontal , setelah penembakan dapat segera di ratakan. Yang
kemudian di lanjutkan dengan penyemprotan curing compoun.
§
Motor Capasitor
Motor jenis ini banyak di gunakan
pada mesin-mesin seperti : alamari es, pompa air, pembakar minyak, gerinda
mesin cuci, dan kipas angin. Konstruksi motor kapasitor sama dengan motor satu
fase tanpa kapasitor , hanya ada penambahan satu atau lebih komponen yang
terhubung seri dengan kumparan bantu seperti pada gambar berikut ini :
Motor kapasitor dapat memberikan gaya
putar yang lebih besar dengan arus yang lebih kecil dari pada motor tanpa
kapasitor. Kapasitor berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik. Kapasitor
dapat rusak karena pemakaian tegangan listrik berlebihan , terlalu panas atau
penyebab yang lain.
Cara kerja motor kapasitor dapat di
uraikan sebagai berikut. Pada saat motor mulai bergerak, arus dari jala-jala
akan mengalir melalui kumparan utama dan kumparan bantu. Arus yang menghalir ke
kumparan bantu akan melewati kapasitor.
Apabila kecepatan putar motor
mendekati 75% dari kecepatan putarpenuh (full load ), arus jala-jala hanya
mengalir ke kumparan utama saja.
Motor kapasitor dengan saklar otomatis
Motor kapasitor dengan saklar
otomatis bisa di gunakan pada mesin gergaji, mesin planer, mesin giling,
kompresor angin, dll
Pada motor kapasitor yang
menggunakan satu buah kapasitor kelemahan dari motor tersebut adalah bila
saklar otomatis sudfah tidak bekerja maka saklar akan membuka motor akan
bekerja tidak seimbang, maka di pasang dua buah kapasitor ( disebut motor
kapasitor ganda ). Dapat di lihat pada gambar doi bawah ini :
Cara penggulungannya sama
dengan motor satu fasa tanpa kapasitor.
Perhitungan capasitor
Dalam rangkaian listrik
terdapat dua buah rangkaian kapasitor yaitu :
1.
Rangkaian seri
2. Rangkaian Parallel
Jika kita menginginkan
kapasitor yang nilainya kecil maka dua buah kapasitor itu dapat kita seri.
Sebagai contoh :
Dua Kapasitor dengan nilai 40
mikro farad dan kita menginginkan 20 mikro farad maka kapasitor tersebut harus
di seri:
C =
=
=
= 20 micro farad
Dan bila kita menginginkan kapasitor
tersebut denghan nilai yang lebih tinggi maka kapasitor harus di paralel:
C = C1+ C2 = 40 + 40 = 80 micro farad
Motor kapasitor ini juag di sebut motor
dua arah. Dengan cara membalikkan salah satu fasa dari kumparan bantu.
Pemeliharaan untuk mesin listrik :
Untuk mencari kerusakan atau gangguan
pada mesin listrik, maka pada gulungan atau kumparan perlu diadakan pemeriksaan
pada :
1. Hubungan tanah
Suatu kumparan di katakan mempunyai hubungan tanah apaboila
kumparan itu mempunyai hubungan dengan besi –besi atau kerangka motor.
Hal ini terjadi kemungkinan karena :
a.
Baut-baut yang di gunakan untuk menutup rangka mengadakan tanah
karena kumparan terlalu menonjol jauh dari tepi alur.
b.
Isolasi kawat kumparan terkelupas sewaktu melakukan penggulungan
kumparan
c. Pemakaian saklar ada hubungan dengan plat
penutup kumparan motor.
Hal ini harus di cek sebelum motor
tersebut di coba atau di aliri sumber listrik. Pengecekan menggunakan
multimeter atau alat ukur listrik lainnya seperti megger ohm.
2. Hubungan terbuka
Suatu penyebab umum pada hubungan terbuka atau terputus yang menyebabkan
motor tidak berputar adalah :
a.
Ada sambungan kabel yang longgar
b.
Kawat pada kumparan putus di tengah-tengah kumparan
3.
Hubungan pendek
Hal ini terjadi karena :
a.
Satu fase berhubungan denganm netral
b.
Adanya hubungan singkat antar kumparan
4.
Pengecekan kapasitor
Untuk mengetahui kapasitor pada motor kapasitor dalam kondisi
baik atau tidak, dapat di gunakan dengan cara sebagai berikut :
a.
Gunakan alat ukur multimeter pada ohm meter
b. Lepaskan hubungan kapasitor
Bila kapasitor baik maka jarum ohm meter
akan bergerak, dan kembali ketempat semula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar