Minggu, 27 Januari 2013

MOTOR INDUKSI TIGA FASE




MOTOR INDUKSI TIGA FASE
Motor induksi yang umum di pakai di kenal ada dua macam berdasarkan jumlah fasenya, yaitu motor induksi satu fase dan motor induksi tiga fase. Pada pembahasan sebelumnya sudah di terangkan tentang motor induksi satu fase, pada prinsipnya motor induksi tiga fase sama seperti satu fase tetapi motor induksi satu fase hanya di tambah komponen – komponen seperti saklar otomatis dan kapasitor atau kondensator. Dan motor induksi satu fase merupakan kombinasi motor tiga fase :
Penggunaan motor induksi sebagai motor listrik cukup banyak di gunakan, hal ini di sebabkan karena motor induksi mempunyai keuntungan sebagai berikut :
a.       Bentuk sederhana
b.      Konstruksinya kuat
c.       Perawatan mudah
d.      Pada waktu mesin beroprasi tidak memerlukan tambahan peralatan  khusus.
Konstruksi motor induksi tiga fase
       Semua jenis motor dan generator listrik mempunyai rotor dan stator, dimana rotor adalah bagian yang berputar , sedangkan stator adalah bagian yang diam. Pada dasarnya untuk konstruksi mesin listrik , mesin konduksilah yang memiliki konstruksi yang paling sederhana.
Prinsip kerja motor induksi tiga fase.Adapun prinsip kerja motor induksi tiga fase ini mengikuti langkah – langkah sebagai berikut :
1.       Apabila sumber listrik arus bolak-balik tiga fase di hubungkan pada kumparan stator, maka akan timbul medan  putar dengan kecepatan sesuai dengan jumlah kutubnya, pada pembahasan sebelumnya sudah terdapat persamaan untuk mencari kecepatan
2.       Medan putar pada stator tersebut akan memotong batang konduktor pada rotor sehingga rotor sehingga rotor akan berputar
3.       Jarak kutup antara satu dengan lainnya adalah 1800 , dan jarak antara fase R-S, S-T, R-T adalah 1200 :
Untuk menentukan derajat antara alur mengikuti persamaan seperti pada motor satu fase, untuk menentukan jarak fasze antara fase dengan persamaan :
d=
Untuk menentukan jarak kutup satu dengan kutup lainnya mengikuti persamaan :
K =  
Bentuk-bentuk kumparan
a.       Kumparan bentuk spiral
b.      Kumparan Memusat
 







Gambar bentuk spiral                                                                                    Gambar Kumparan Memusat

Bentuk hubungan motor tiga fase
Hubungan tiga faseada dua yang sering di gunakan yaitu :
a.       Hubungan bintang
b.      Hubungan segitiga



 


Membalik arah putaran rotor pada motor tiga fase
Pada motor induksi tiga fase mempunyai dua arah putaran rotor yaitu : arah putaran dengan berlawanan arah jarum jam dan searah dengan jarum jam. Untuk motor  tiga fase putarannya dapat dirubah dengan cara membalikkan salah satu fase.
Sebagai contoh : Bila motor tiga fase pada mulanya di pasang dengan hubungan yang sesuai dengan fasenya (R – S –T ) maka rotor akan berputar dengan searah jarum jam, dan bila kita menginginkan putaran nya berlawanan dengan jarum jam maka slah satu fasenya di tukar kedudukannya. Seperti terlihat pada gambar berikut ini : 




Contoh :
Motor induksi tiga fase mempunyai data sebagai berikut :
Merek                                          : umpex AB
Type                                              : ke 1
Volt                                               : 380
Amp                                              : 60
Input                                             : 30 kw
Frekwn                                        : 50 hz
Rpm                                              : 1450
Kutup                                           : 4
Bentuk gulungan memusat



Maka dari data dapat di cari :
1.      Menentukan langkah
L =  =  = 12 langkah
2.      Menentukan seri dalam kutup
B =  =  = 4 seri
3.      Menentukan derajat listrik antara alur
D =   = 150 L
4.      Menentukan jarak kutub
Y =  = 12 alur
5.      Menentukan jaraj fase R-S,S-T,T-R
Jarak antara dengan fase harus 1200 untuk motor  tiga fase

120/15 = 8 alur


















MESIN MOLENLISTRIK 3 FASE
( CONCRETE SPRAYING MACHINE ( Aliva ®-237 )



Diskripsi:
          Aliva ®-237  adalah mesin molen listriuk yang di gunakan untuk membantu pembuatan dinding pada suatu proyek yang di lakukan pada lapisan beton yang rusak. Dapat juga untuk membuat lapisan beton di dalam pembuatan trowongan. Mesin ini mempermudah penyemenan karena hanya hanya dengan menyemprot olahan semen dan pasir yang sudah di campur rata di dalam molen listrik yang terdapat pada mesin tersebut.


Pelaksanaan :

          Dengan memanfaatkan tekanan angin dari kompresor yang melalui mesin shotcrete dan ujung nozzle, permukaan bidang kerja dibersihkan dari partikel lepas yang masih melekat di bidang kerja, dan bila perlu di tambahkan air dari pompa yang berhubungan langsung dengan nozzle. Setelah bidang kerja bersih, material di masukkan / di tuang ke dalam hopper mesin shotcrete. Pada saat mesin shotcrete dihidupkan, rotor akan berputar perlahan dan material di hooper akan turun dan mengisi tabung pada rotor bergantian. Dengan tekanan angin dari kompresor, material akan mengalir ke ujung nozzle dan percampuran material kering dengan air terjadi di nozzle di mana saluran air dari pompa air terhubung dan pengaturan suplai airnya di atur manual melalui gate-valve pada nozzle. Dengan demikian material yang terlontar dari nozzle sudah lecak/basah.
Penembakan dilakukan dengan jarak tembak antara ujung nozzle dengan bidang kerja ± 1 m dan posisi tegak lurus/900 , dan di putar perlahan melingkar ± Ø30 cm, untuk penembakan horisontal , setelah penembakan dapat segera di ratakan. Yang kemudian di lanjutkan dengan penyemprotan curing compoun.


§     Motor Capasitor
          Motor jenis ini banyak di gunakan pada mesin-mesin seperti : alamari es, pompa air, pembakar minyak, gerinda mesin cuci, dan kipas angin. Konstruksi motor kapasitor sama dengan motor satu fase tanpa kapasitor , hanya ada penambahan satu atau lebih komponen yang terhubung seri dengan kumparan bantu seperti pada gambar berikut ini :






          Motor kapasitor dapat memberikan gaya putar yang lebih besar dengan arus yang lebih kecil dari pada motor tanpa kapasitor. Kapasitor berfungsi sebagai penyimpan muatan listrik. Kapasitor dapat rusak karena pemakaian tegangan listrik berlebihan , terlalu panas atau penyebab yang lain.
          Cara kerja motor kapasitor dapat di uraikan sebagai berikut. Pada saat motor mulai bergerak, arus dari jala-jala akan mengalir melalui kumparan utama dan kumparan bantu. Arus yang menghalir ke kumparan bantu akan melewati kapasitor.
          Apabila kecepatan putar motor mendekati 75% dari kecepatan putarpenuh (full load ), arus jala-jala hanya mengalir ke kumparan utama saja.
Motor kapasitor dengan saklar otomatis
Motor kapasitor dengan saklar otomatis bisa di gunakan pada mesin gergaji, mesin planer, mesin giling, kompresor angin, dll
Pada motor kapasitor yang menggunakan satu buah kapasitor kelemahan dari motor tersebut adalah bila saklar otomatis sudfah tidak bekerja maka saklar akan membuka motor akan bekerja tidak seimbang, maka di pasang dua buah kapasitor ( disebut motor kapasitor ganda ). Dapat di lihat pada gambar doi bawah ini :














Cara penggulungannya sama dengan motor satu fasa tanpa kapasitor.

Perhitungan capasitor
Dalam rangkaian listrik terdapat dua buah rangkaian kapasitor yaitu :
1.      Rangkaian seri
2.      Rangkaian Parallel
Jika kita menginginkan kapasitor yang nilainya kecil maka dua buah kapasitor itu dapat kita seri. Sebagai contoh :
Dua Kapasitor dengan nilai 40 mikro farad dan kita menginginkan 20 mikro farad maka kapasitor tersebut harus di seri:


C =    =
    =  = 20 micro farad

Dan bila kita menginginkan kapasitor tersebut denghan nilai yang lebih tinggi maka kapasitor harus di paralel:
C = C1+ C2 = 40 + 40 = 80 micro farad
Motor kapasitor ini juag di sebut motor dua arah. Dengan cara membalikkan salah satu fasa dari kumparan bantu.
Pemeliharaan untuk mesin listrik :
Untuk mencari kerusakan atau gangguan pada mesin listrik, maka pada gulungan atau kumparan perlu diadakan pemeriksaan pada :
1.      Hubungan tanah
Suatu kumparan di katakan mempunyai hubungan tanah apaboila kumparan itu mempunyai hubungan dengan besi –besi atau kerangka motor.
Hal ini terjadi kemungkinan karena :
a.      Baut-baut yang di gunakan untuk menutup rangka mengadakan tanah karena kumparan terlalu menonjol jauh dari tepi alur.
b.      Isolasi kawat kumparan terkelupas sewaktu melakukan penggulungan kumparan
c.       Pemakaian saklar ada hubungan dengan plat penutup kumparan motor.
Hal ini harus di cek sebelum motor tersebut di coba atau di aliri sumber listrik. Pengecekan menggunakan multimeter atau alat ukur listrik lainnya seperti megger ohm.
2.      Hubungan terbuka
Suatu penyebab umum pada hubungan terbuka atau terputus yang menyebabkan motor tidak berputar adalah :
a.      Ada sambungan kabel yang longgar
b.      Kawat pada kumparan putus di tengah-tengah kumparan

3.      Hubungan pendek
Hal ini terjadi karena :
a.      Satu fase berhubungan denganm netral
b.      Adanya hubungan singkat antar kumparan
4.      Pengecekan kapasitor
Untuk mengetahui kapasitor pada motor kapasitor dalam kondisi baik atau tidak, dapat di gunakan dengan cara sebagai berikut :
a.      Gunakan alat ukur multimeter pada ohm meter
b.      Lepaskan hubungan kapasitor
Bila kapasitor baik maka jarum ohm meter akan bergerak, dan kembali ketempat semula.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar